Kewajiban dosen di Perguruan Tinggi adalah melakukan Tri Darma Perguruan Tinggi, yang mana  salah satu darmanya  adalah pengabdian kepada masyarakat. Dosen Prodi Manajemen UMY Tri Maryati, SE., MM dan Hasnah Rimiyati, SE., M.Si. menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Pemberdayaan Perempuan melalui Pengembangan Kewirausahaan Keluarga di Aisyiyah Cabang Godean”. Kegiatan pengabdian kepada  masyarakat ini menunjang pelaksanaan program Aisyiyah dimana salah satu program kerja yang ingin diwujudkan oleh Pimpinan Pusat Aisyiyah yaitu menumbuhkan, menggiatkan, mendorong untuk berwirausaha dan menguatkan posisi UMKM perempuan dalam hal akses (mendapatkan informasi) dan kontrol (untuk memutuskan kepemilikan) terhadap sumberdaya ekonomi dan disamping itu juga dalam rangka mewujudkan tema milad Pimpinan Cabang Aisyiyah Cabang Godean yaitu “pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi dan sosial menuju Godean Berkemajuan”.

Mitra dalam pengabdian masyarakat ini adalah Aisyiyah Cabang Godean yang membawahi 7 ranting yaitu ranting Sidorejo, Sidoluhur, Sidomulyo, Sidokarto, Sidoagung, Sidoarum dan Sidokarto. Kegiatan pengabdian masysrakat meliputi tiga aspek yaitu aspek umum, aspek produksi dan aspek pemasaran. Aspek umum meliputi kursus wirausaha dan menemukan peluang usaha. Aspek produksi meliputi pembuatan produk tempe, tempe sagu, olahan tempe berupa tempe keripik tempe sagu dan telur gabus. Sedangkan aspek pemasaran adalah meliputi bagaimana menghitung harga pokok produk, pengemasan  (packaging) produk dan promosi.

Kursus wirausaha bertempat di LPK Kayu Manis pada tanggal 31 Januari 2019  yang diikuti oleh ibu-ibu Aisyiyah . Dalam kursus wirausaha ini diberikan motivasi dan gambaran tentang wirausaha dan mendapatkan gambaran tentang peluang usaha yang bisa dilakukan dan teori tentang pembuatan produk tempe, tempe sagu, olahan tempe berupa tempe keripik tempe sagu dan telur gabus.

Pelatihan tidak hanya dilakukan satu kali sehingga pada tanggal 24 Februari 2019 dilakukan pelatihan yang ke dua untuk praktik pembuatan produk tempe sagu, keripik tempe sagu dan telur gabus. Pelatihan  diikuti oleh perwakilan dari ranting yang ada di wilayah Aisyiyah Cabang Godean, yaitu ranting Sidorejo, Sidoluhur, Sidomulyo, Sidokarto, Sidoagung, Sidoarum dan Sidokarto. Pada tanggal 10 Maret 2019 dilakukan pelatihan yang ketiga yaitu pelatihan pembuatan produk tempe. Untuk pelatihan pembuatan produk tempe bekerja sama dengan Majelis Ekonomi Pimpinan Wilayah Aisyiyah Yogyakarta,pelatihan  diikuti oleh perwakilan dari ranting yang ada di wilayah Aisyiyah Cabang Godean, yaitu ranting Sidorejo, Sidoluhur, Sidomulyo, Sidokarto, Sidoagung, Sidoarum dan Sidokarto.