Manajemen UMY Berhasil Raih Akreditasi A

Juli 26, 2018 oleh : superadmin-man

Program Studi (Prodi) Manajemen Univesitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil mempertahankan akreditasi A. Keputusan ini dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan (SK) dengan nomor 1887/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018 pada Selasa (24/7).

Saat diwawancarai di ruang (Prodi) Manajemen pada Kamis (26/7), Retno Widowati PA, Ph.D.,M.Si. selaku Ketua Prodi (Kaprodi) Manajemen menyampaikan bahwa hasil yang didapat adalahd dari proses pengajuan borang dan visitasi . “Visitasi yang dilakukan BAN-PT pada tanggal 16 – 18 Juli 2018 di Prodi Manajemen. Kemudian, berselang satu minggu kami mendapatkan kabar menggembirakan, yaitu prodi kami berhasil mempertahankan Akreditasi A dengan nilai 373. Dengan demikian, kami berhasil mempertahankan akreditasi A, yang sudah didapatkan sejak tahun 2013 silam,” ujarnya.

Selanjutnya, Retno juga menyampaikan bahwa nilai tinggi yang didapat pada visitasi kali ini tidak lepas dari program unggulan yang digalangkan oleh Prodi Manajemen UMY. “Prodi Manajemen UMY memiliki keunggulan dalam program kewirausahaan dan Ilmu Manajemen. Kemudian, kami pun mengusung misi untuk menjadikan Program Studi Manajemen UMY sebagai rujukan berbagai lembaga pendidikan di ASEAN. Untuk itu, kami meluncurkan kelas internasional yang bernama International Program of Management and Business (IMaBs) yang sudah berjalan sejak tahun 2016 silam. Selain itu, Manajemen UMY pun bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi mancanegara untuk melakukan pertukaran mahasiswa seperti di Tamkang University Taiwan, Universitas Sains Islam Malaysia (USIM), Sias International University, dan Khon Kaen University,” tuturnya.

Selain itu, ada beberapa hal pula yang tetap harus dievaluasi oleh pihaknya. Menurut penilaian tim asesor, terdapat rasio antara mahasiswa dengan tenaga pengajar yang cukup besar. Akan tetapi, Retno sudah mengantisipasi masalah tersebut dengan mengadakan kuliah daring (kuliah Online). “Karena UMY menjadi salah satu kampus yang aktif mengunakan kuliah daring di Indonesia, maka kami turut gencar untuk melakukan sistem daring,” tandasnya.

Di akhir wawancara, Retno menyampaikan harapannya untuk semua pihak yang ada di Prodi Manajemen kedepannya. “Harapan kami, dengan bertambahnya nilai yang sudah diperoleh, dapat menjadi motivasi kami untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan mutu Prodi Manajemen UMY. Dengan semua usaha yang kami lakukan ini, semoga menghasilkan lulusan yang unggul dan berkarakter Islam,” tutupnya. (ak)

Sumber: BHP UMY