Sejarah

Munculnya isu globalisasi dekade terakhir ini telah membawa dampak yang signifikan pada dunia bisnis. Semakin kompleksnya lingkup dan tingkat kompetisi bisnis telah memunculkan serangkaian peluang dan ancaman yang harus direspon dan diantisipasi oleh para pelaku bisnis jika mereka ingin tetap kompetitif. Kondisi ini masih ditambah dengan adanya inovasi teknologi yang seolah tiada henti baik teknologi operasi maupun teknologi informasi yang berbasis jaringan (networking).
Bagi masyarakat, kondisi di atas menuntut mereka untuk menyiapkan diri dengan kemampuan dan kemauan untuk belajar dan melakukan perubahan yang sesuai dengan tuntutan lingkungan. Kesiapan ini juga harus didukung dengan pola pikir (mindset) yang baru pula.
Mahasiswa sebagai masyarakat yang diharapkan menjadi salah satu calon pelaku bisnis pada masa yang akan datang dituntut untuk siap. Tuntutan kesiapan mereka untuk terjun ke masyarakat dan dunia kerja tidak hanya kesiapan knowledge saja, melainkan kesiapan knowledge, skill dan ability yang dilandasi moral dan etika yang kuat.
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UMY sebagai pencetak sarjana manajemen merupakan institusi yang turut bertanggungjawab untuk memenuhi tuntutan tersebut. Dalam proses menyiapkan lulusan yang memiliki persyaratan seperti telah disebutkan di atas, program studi perlu melengkapi diri dengan sarana dan fasilitas yang mampu meningkatkan knowledge, skill dan ability mahasiswa. Program studi juga membutuhkan media dan fasilitas yang mampu memberikan gambaran pada mahasiswa tentang gambaran dunia kerja yang akan mereka hadapi tanpa harus selalu melakukan kunjungan keluar.
Di samping itu, sesuai dengan visi program studi yaitu menghasilkan sarjana yang mempunyai keunggulan di bidang managership dan entrepreneurship diperlukan sarana yang bisa memberikan bekal kepada mahasiswa untuk mempunyai kemampuan tersebut dengan belajar dan berlatih.
Untuk melaksanakan tanggungjawab di atas, salah satu sarana yang dianggap paling mendesak dibutuhkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UMY adalah Laboratorium Manajemen. Terwujudnya Laboratorium Manajemen Fakultas Ekonomi diharapakan akan menjadi sarana yang mampu meningkatkan knowledge, skill dan ability mahasiswa.
Laboratorium Manajemen yang didukung oleh fasilitas komputer dan audio visual yang memadai akan menjawab kebutuhan program studi terhadap alat bantu ajar yang mampu meningkatkan knowledge, skill dan ability mahasiswa. Mahasiswa diharapkan menguasai aplikasi-aplikasi yang dirancang untuk mempermudah dalam pengambilan keputusan. Mahasiswa juga diharapkan mendapatkan akses untuk melakukan company visit melalui media audio visual yang ada di laboratorium untuk meningkatkan pengetahuan mereka dan mahasiswa diharapkan mampu menganalisis data-data yang diperoleh serta membahasnya dan mampu menangkap fenomena yang terjadi.
Sehubungan dengan pelaksanaan pemberlakuan kurikulum baru, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UMY akan menerapkan mata kuliah Praktikum Manajemen (yang idealnya dilakukan di Laboratorium Manajemen). Mata kuliah ini wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa sebagai perwujudan visi program studi, yaitu menghasilkan sarjana yang mempunyai keunggulan di bidang managership dan entrepreneurship. Selama ini sarana praktek yang dilakukan oleh mahasiswa adalah include pada mata kuliah konsentrasi.

Information for Future Students

© 2015 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY