Lisrel, PLS, dan Amos merupakan jenis-jenis Software SEM. SEM (Structural Equation Modeling) adalah generasi kedua teknik analisis multivariat yang memungkinkan peneliti menguji hubungan antar variabel yang komplek baik recursive maupun non-recursive untuk memperoleh gambaran yang komprehensif mengenai keseluruhan model (Ghozali, 2008).

Dalam pelatihan ini dihadiri oleh dosen-dosen Manajemen. Pembicara pelatihan Lisrel, PLS, dan Amos yaitu prof. Dr. Siswoyo Haryono, MM., M.Pd. Prof. Sis merupakan salah satu dosen Program Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang juga sudah menulis buku mengenai Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS LISREL PLS.

Pelatihan Lisrel, PLS, dan Amos dilaksanakan pada hari Senin, 22 Agustus 2017 pukul 08.30-15.30 di Laboratorium Manajemen. Prof Sis memulai pelatihan dengan memberikan materi tentang Lisrel. Dijelaskan mengenai Lisrel secara teori kemudian dilanjutkan dengan praktek. Setelah materi Lisrel selesai, Prof Sis memberikan materi tentang program PLS. Setelah menjelaskan teori, dilanjutkan praktek. Kemudian, yang terakhir program AMOS juga dijelaskan teori dilanjut dengan praktek. Di sela pelatihan juga terdapat sesi tanya jawab apabila ada peserta yang kesulitan sehingga pelatihan ini berjalan secara dua arah.