Pelatihan internal dari Laboratorium Manajemen untuk asisten praktikum mata kuliah Statistika yang baru periode 2016/2017 dilaksanakan pada hari Kamis, 06 April 2017. Pelatihan yang bersifat internal ini mengajarkan tentang penggunaan program SPSS. Pelatihan ini akan dilaksanakan setiap tahunnya ketika pergantian asisten praktikum statistika.

SPSS merupakan salah satu software khusus statistik yang digunakan untuk menganalisis atau mengolah data. Pada awal kehadirannya, SPSS diartikan Statistical Package for The Social Sciences, karena memang diperuntukkan bagi pengolahan data statistik dan ilmu sosial. Akan tetapi dalam perkembangannya penggunaannya diperluas untuk berbagai kepentingan, sehingga saat ini kepanjangan SPSS adalah Statistical Product and Service Solutions.

Pemateri dalam pelatihan kali ini diisi oleh Bapak Misbahul Anwar. Bapak Misbah adalah salah satu dosen mata kuliah Statistika di Prodi Manajemen. Pelatihan dimulai dengan penjelasan singkat mengenai program SPSS kemudian dilanjutkan dengan praktek yang diikuti oleh para asisten dosen praktikum statistika. Setelah dilakukan penjelasan dan praktek, diakhir pelatihan dilakukan sesi tanya jawab sehingga pelatihan berjalan dua arah.