Pelatihan internal dari Laboratorium Manajemen untuk asisten praktikum Manajemen Perbankan yang baru periode 2015/2016 dilaksanakan pada hari Jumat, 09 April 2016. Pelatihan yang bersifat internal ini mengajarkan tentang penggunaan software IBS. Pelatihan ini akan dilaksanakan setiap tahunnya ketika pergantian asisten dosen praktikum manajemen perbankan.
Software IBS ini adalah untuk menopang operasional lembaga keuangan dan perbankan mikro (micro finance institution) yang bergerak dalam kegiatan usaha simpan pinjam (tabungan, deposito, kredit). IBS Core merupakan sistem yang dikembangkan oleh PT USSI sejak tahun 1994. Pelatihan kali ini diajarkan oleh Ibu Siwi, salah satu pegawai BMT UMY.
Pelatihan dimulai dengan penjelasan singkat langkah-langkah dalam simpan pinjam, dimulai dari pelayanan customer service, back office, teller, sampai tahap terakhir yaitu akuntansi. Kemudian Ibu Siwi mempraktekan penggunaan IBS yang diikuti oleh seluruh asisten praktikum. Pelatihan pun diselingi dengan sesi tanya jawab, sehingga pelatihan berjalan dua arah.