Dusun Kiyaran merupakan salah satu Dusun yang berlokasi di Kelurahan Wukirsari, Sleman, Yogyakarta. Di wilayah ini, banyak warga yang memiliki bididaya ikan nila di rumahnya. Namun demikian, tidak banyak dari warga yang sudah memanfaatkan hasil budidaya nila tersebut untuk usaha produktif. Sebagian dari warga hanya sebatas memanfatkannya untuk konsumsi pribadi.

Melihat kondisi tersebut, kelompok ‘KKN 117’ UMY yang mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan program KKN di wilayah Kiyaran berkolaborasi dengan Dosen Manajemen UMY, Alien Akmalia, S.E., M.Sc yang sekaligus menjadi DPL KKN diwilayah ini berupaya untuk dapat memberikan nilai tambah terhadap hasil budidaya warga tersebut. Tema KKN yang diangkat adalah ‘Pemberdayaan Ekonomi dan Peningkatan Hasil Tani serta Perikanan Dusun Kiyaran’.

Atas arahan Sihana (Kadus Kiyaran), kami menggandeng Ibu-Ibu PKK Dusun  Kiyaran untuk dapat memberikan nilai tambah pada ikan nila yang banyak dibudidayakan oleh warga setempat. Ibu-Ibu PKK menyambut baik dengan adanya rangkaian kegiatan yang melibatkan mereka ini. Beberapa pelatihan yang diberikan dalam rangka memanfaatkan ikan nila yang banyak di budidayakan oleh warga  menjadi usaha produktif antara lain, pelatihan pembuatan stick nila, pelatihan packaging, dan pelatihan manajemen pemasaran.

‘Kami merasa sangat terbantu dengan adanya rangkaian kegiatan pelatihan yang dilanjutkan dengan pendampingan oleh Ibu DPL dan mahasiswa KKN disini. Saya berharap ilmu yang telah ditularkan kepada ibu-Ibu PKK disini bisa kami terapkan. Selain bisa memberikan nilai tambah dari nila yang kami pelihara di rumah, mudah-mudahan produk olahan nila ini dapat menjadi sumber tambahan penghasilan bagi kami dan juga dapat mendukung perekonomian keluarga.’ Ujar Ismi Ketua PKK Dusun Kiyaran.