Pertengahan Agustus 2018, LP3M UMY terjunkan satu kelompok KKN di wilayah Dusun Gatak, Desa Wukirsari, Cangkringan, Sleman Yogyakarta. Kelompok KKN yang diterjunkan diwilayah ini beranggotakan sepuluh orang mahasiswa dari berbagai program studi di UMY. “Tema KKN yang diangkat oleh kelompok KKN 144 di wilayah Dusun Gatak adalah Peningkatan Perekonomian dari Hasil Pertanian serta Kesadaran Kesehatan Warga Dusun Gatak” ujar Azha Ruddin A yang mengemban amanahsebagai ketua kelompok KKN 144.

Sapari, ketua RT 01 Dusun Gatak mengungkapkan bahwa keinginan warga untuk memiliki produk minuman khas dari dusunnya sudah menjadi cita-cita sejak lama. “Saya merasa sangat gembira dengan keberadaan adik-adik mahasiswa KKN di wilayah kami. Dengan bantuan adik-adik ini kami bisa mewujudkan impian kami untuk memiliki produk minuman “JAHE MERAH INSTAN” yang kaya khasiat di dusun Gatak ini. Saya selaku ketua RT mewakili warga mengucapkan terimakasih juga kepada Ibu DPL yang sudah memberikan ilmunya tentang bagaimana membuat jahe merah kami dikemas dengan baik dan layak jual. Harapan saya, apa yang sudah diberikan di kampung kami dapat terus dilanjutkan oleh warga walaupun program KKN sudah berakhir”. Ujar Sapari mengungkapkan kegembiraannya.

Dalam kegiatan KKN di Dusun Gatak ini, Alien Akmalia, S.E., M.Sc bertindak sebagai DPL dari KKN 144 ikut terjun langsung dalam memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap produk “JAHE MERAH INSTAN” ini. “Bisa dibilang kami memang allout memberikan yang terbaik bagi Dusun ini. Tidak hanya memberikan pelatihan pengolahan jahe merah instan sampai menjadi produk yang layak jual, kami juga memberikan bantuan bibit jahe merah bagi warga Gatak. Artinya kami memeng memikirkan keberlangsungan jangka panjang dari usaha ini, sehingga warga disini kedepannya bisa memperoleh bahan mentah dari kebun mereka sendiri.Apalagi banyak tanah pekarangan warga yang belum dimanfaatkan. Dengan cara ini diharapkan warga dapat menekan biaya produksi dan tidak terpengaruh dengan harga jahe merah dipasaran.” Demikian penjelasan DPL KKN 144 disela-sela memberikan pendampingan bagi warga Gatak.