Retno Widowati PA., M.Si., Ph.D

Retno Widowati PA., M.Si., Ph.D

Dosen

Nama dan Gelar Retno Widowati PA., M.Si., Ph.D
Jabatan Fungsional
Program Studi Manajemen
Alamat Kantor Gedung Ki Bagus Hadikusuma E3 Lt. 3 Kampus Terpadu UMY JL. Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183.
Email Resmi dan Pribadi Retno.widowati@umy.ac.id ,
Blog Dosen
Nomor Indentification Karyawan (NIK) 196304071991032001
Nomor identifikasi Nasional Dosen (NIDN) 0007046303
Scopus ID
Google Cendekia ID I1p0rmwAAAAJ&hl=en
Sinta ID 5973688

Pendidikan

Tahun Kelulusan Tingkat Pendidikan dan Gelar Program Studi Universitas dan Negara
S1 Manajemen Universitas Gadjah Mada
S2 Magister Sains Universitas Gadjah Mada
S3 Management Tamkang University

Penghargaan
Tahun Deskripsi Nama Lembaga Pendidikan
2012 Kaprodi Berprestasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Anggota Organisasi Profesional
AMA
Asosiasi Program Studi Manajemen (APSMA)
Bidang penelitian
Pemasaran
Mata Kuliah yang Diampu
Sistem Informasi Manajemen
Manajemen Pemasaran Global
Manajemen Dan Bisnis
Manajemen Pemasaran
Seminar Manajemen Pemasaran
Hibah Penelitian yang Diterima
Tahun Judul Penelitian Besar Dana Penelitian dan Institusi Sponsor Nama Ketua dan Anggota Tim URL dari Laporan Penelitian
2014 Hibah Penulisan Artikel Ilmiah LP3M UMY “Pemetaan Implementasi Model-Model Intervensi Berbasis IT untuk Peningkatan Pemasaran UMKM sektor Kerajinan Rp 10.000.000 Retno Widowati
2015 Hibah Penelitian KopertisWilayah V “Pengujian Efek Pembingkaian pesan hemat energy listrik pada kelompok pelanggan pembayar tagihan dan pelanggan industri Rp 50.000.000
2016 Hibah Penelitian Unggulan Program Studi –LP3M UMY“Model Pengembangan Usaha Kecil dan Menegah Berbasis Knowledge Sharing dan Inovasi Organisasi melalui Peran strategis Sumber Daya Manusia”. Rp 20.000.000
Hibah Pengabdian Masyarakat Yang Pernah Diperoleh
Tahun Judul Penelitian Besar Dana Penelitian dan Institusi Sponsor Nama Ketua dan Anggota Tim URL Laporan Penelitian
Hibah Lainnya
Tahun Jenis Hibah yang Diberikan Besar Dana Penelitian dan Institusi Sponsor Nama Ketua URL Laporan Penelitian
Hak Atas Kekayaan Intelektual
Nama Produk Jenis HAKI (paten/merek/dll) Nomor Sertifikat Hak Cipta Lembaga Pemberi Sertifikat Hak Cipta
Kualifikasi Akademis Yang Terkait (Seperti Staf Ahli, Editor, Resensi, Penilai, Dosen Tamu, Posisi Di Universitas, Universitas Luar Posisi Yang Relevan Dengan Kompetensi Dosen)
Periode Jabatan
1992 s/d 1994 Wakil Dekan Fakultas Ekonomi
1998 s/d 2001 Wakil Rektor II
2012 s/d 2017 Kepala Program Studi
2017 s/d sekarang Kepala Program Studi
Non Akademik (Seperti Keikutsertaan Dalam Organisasi Sosial Kemasyarakatan/ Bisnis/ Pemerintahan)
Nama organisasi Lingkup Organisasi (Local/National/International) Jabatan Tahun Kegiatan

Liao, S. H., Chung, Y. C., Hung, Y. R., & Widowati, R. (2010). The impacts of brand trust, customer satisfaction, and brand loyalty on word-of-mouth. In Industrial Engineering and Engineering Management (IEEM), 2010 IEEE International Conference on (pp. 1319-1323). IEEE.

Liao, S. H., Widowati, R., Hu, D. C., & Tasman, L. (2017). The mediating effect of psychological contract in the relationships between paternalistic leadership and turnover intention for foreign workers in Taiwan. Asia Pacific Management Review,22(2), 80-87.

Liao, S. H., Wu, C. C., Widowati, R., & Chen, M. Y. (2012). Relationships between brand awareness and online word-of-mouth: an example of online gaming community. International Journal of Web Based Communities, 8(2), 177-195.


Mapping the implementation of IT-based intervention model to increase SMEs marketing performance: Case study at Handicraft industry in Bantul Yogyakarta, Indonesia. The 2016 International Conference in Management Sciences and Decision Making (ICMSDM 2016), 14 Mei 2016, Taiwan, Tamkang University. Co-Authors Retno W

IT-Based Intervention Model to Increase SMEs Marketing Performance:Case Study Of Small Industry In Bantul Yogyakarta, Indonesia. Proceeding ICOMS UMY 2016.

The effect of Product Attributes, Price, Need for Variations and Consumer Dissatisfaction on Brand Switching Behavior of Face Cream Product Brands in Yogyakarta, Indonesia. The 2015 ICOMS, 28 Maret 2015, Yogyakarta, Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Co-Authors Retno

Analysis of Brand Switching Behavior in Purchasing Mobile GSM SIM Card in Yogyakarta. Proceeding ICMSDM, Tamkang University.


Pembicara Dalam Seminar, Pelatihan, Umum Dosen Asisten Teknis Dll
Sebagai Pembicara
Tahun Judul Presentasi Nama Forum/Event, Nama Penyelenggara URL/Link Repository UMY/URL Berita
2017 Green Marketing (ICOMS 2017)
2016 Mapping the implementation of IT-based intervention model to increase SMEs marketing performance: Case study at Handicraft industry in Bantul Yogyakarta, Indonesia / International Conference of Management Science and Decision Making 2016,Tamkang University, Taiwan.
2015 Analysis of Brand Switching Behavior in Purchasing Mobile GSM SIM Card in Yogyakarta / The 2015 International Conference on Management Science and Decision Making, Taipei, Taiwan
2015 The effect of Product Attributes, Price, Need for Variations and Consumer Dissatisfaction on Brand Switching Behavior of Face Cream Product Brands in Yogyakarta, Indonesia / ICOMS 2015
2015 The Effectiveness of the use of internet marketing in Batik industry in Giriloyo Bantul, Indonesia / ICOMS 2015
2014 The relationship among brand awareness, perceived quality, brand trust and purchase intention toward green product. / The 2014 International Conference on Management Science and Decision Making 2014, Taipei, Taiwan
2014 Waste prevention effectiveness Of Batik Production in Yogyakarta, Indonesia / ICOMS 2014
Sebagai Peserta
Tahun Judul Presentasi Nama Forum/Event, Nama Penyelenggara URL/Link Repository UMY/URL Berita